Sunday, July 12, 2015

Cara Shut Down Otomatis di Windows 7

Membuat Automatic Shutdown di Windows 7

Ide tulisan tentang "Bagaimana cara membuat automatic shutdown di windows 7" ini berawal ketika penulis harus meninggalkan komputer, padahal saat itu komputer sedang "nanggung" mendownload file yang cukup besar. Setelah melihat estimasi waktu download sekitar 40 menit lagi, maka penulis putuskan untuk membuat scheduled task yang berfungsi untuk mematikan komputer secara otomatis 1 jam dari sekarang.
Bagi temen-temen yang tertarik ingin mengetahui bagaimana caranya membuat automatic shutdown pada windows 7 sehingga dapat mematikan komputer secara otomatis pada waktu yang telah kita tentukan, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buka jendela Task Scheduler
o Klik Start, pilih All Program, pilih Accessories, pilih System Tools kemudian klik Task Scheduler.
o atau bisa juga dengan klik Start, ketik: Taskschd.msc pada kotak Search programs and files


2. Klik Create Basic Task, berikan nama dan deskripsi untuk task tersebut, misalnya dengan nama "Membuat Automatic Shutdown Windows 7". Klik Next untuk melanjutkan.
3. Pada menu Task Trigger, tentukan kapan task (pekerjaan) tersebut akan dieksekusi, misalnya harian, mingguan dan yang lainnya. Karena saya hanya akan menjalankanAutomatic Shutdown ini cuma sekali, maka saya pilih One Time.
4. Selanjutnya tentukan waktu (tanggal dan jam) kapan trigger (pemicu) tersebut akan dijalankan. Kalo sudah selesai klik Next.
5. Selanjutnya pada menu Action, tentukan apa yang akan dijalankan oleh task tersebut pada waktu yang telah kita tentukan. Disini kita pilih Start a program. Klik Next.
6. Selanjutnya pada Program/script pilih program shutdown.exe atau ketik:C:\Windows\System32\shutdown.exe /s.


7. Selanjutnya Klik Finish.
Mungkin itulah tutorial singkat tentang cara Membuat Automatic Shutdown pada komputer yang menggunakan Windows 7. Sebagai catatan jangan lupa untuk menambahkan argument /yang merupakan perintah agar program shutdown.exe harus mematikan komputer.