Friday, October 25, 2013

SISTIM OPERASI PADA KOMPUTER - Bagian I

Sistim Operasi/Operating System Pada Komputer
Bag. I


Tak perlu banyak cing cong mari langsung ke TKP, Ceidot........

Operating System/Sistem Operasi adalah suatu perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan Software Aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi berperan sebagai penghubung antara lapisan Hardware dan lapisan Software yang mampu melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer diantarannya dengan cara mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU), selain itu Sistem Operasi juga menjamin aplikasi software lainnya untuk dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Tetapi ada juga sebagian besar Sistem Operasi baru mengijinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multy Tasking Operating System.
Adapun bagin-bagian dari System/Sistem Operasi yaitu:

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  4. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.


Seiring dengan berkembangnya, Sistem Operasi juga memberikan layanan. seperti: menyediakan layanan network dan koneksitas internet.  Adapun jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
1. Ready yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
2. Running yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
3. Blocked yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas

Selain Sistem Operasi mempunyai suatu peranan, Sistem Operasi juga memiliki beberapa fungsi, manfaat dan tujuan di anataranya:
Fungsi:

  1. Manajemen Sumber Daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam system computer yang dilakukan oleh perangkat lunak system ataupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan  pada computer. Yang dimaksud sumber daya  disini adalah komponen utama dan piranti masukan dan keluaran .
  2. Manajemen Data berupa pengendalian terhadap data masukan/ pengeluara termasuk dalam hal pengalokasian dalam  piranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama. 
  3. Manajemen Proses mencakup penyiapan, penjadualan, dan pemantauan proses pada computer
  4. Menjaga sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus selain itu memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan komputer melalui antarmuka User dan dapat berkomunikasi dengan program aplikasi melalui API (Application Programming Interface).


Manfaat dan Tujuan:
1. Merancang atau memodifikasi SO yang sudah ada
2. Dapat menilai dan memilih alternatif SO
3. SO merupakan antar muka utama dalam berhubungan dengan system computer
4. Banyak konsep dan teknik dalam SO

Sampai jumpa pada bahasan selanjutnya, salam