Thursday, September 13, 2012

Tutorial Ms. Access 2007 III

Microsoft Access 2007
Bagian 3 : RELATIONSHIPS


Setelah semua table selesai dibuat, sekarang kita akan mengatur hubungan antar table table yang ada. Pilihlah DATABASETOOL => RELATIONSHIPS.

  • Pada layar SHOW TABLE, pilihlah semua table yang ada dengan menekan tombol ADD maka table tersebut akan muncul pada bagian RELATIONSHIPS. Jika sudah, tekan CLOSE untuk menutupnya.
  • Drag / geser field utama yang ingin dihubungkan kearah field yang dituju. Contoh :
- drag lah field KODE_BARANG yang ada di TABLE_BARANG kearah KODE_BARANG yang ada di TABLE TRANSAKSI.
- setelah muncul EDIT RELATIONSHIPS, beri tanda checklist pada bagian ENFORCE REFRENTIAL INTEGRITY lalu tekan OK. Maka akan terlihat garis yang menghubungkan antara dua field tadi.
- drag juga field KODE_PEMBELI yang ada di TABLE_PEMBELI kearah KODE_PEMBELI yang ada di TABLE TRANSAKSI. Dan beri tanda checklist pada bagian ENFORCE REFRENTIAL INTEGRITY lalu tekan OK.

  • ENFORCE REFRETIAL INTEGRITY digunakan jika isi data field dari table yang dihubungkan terdapat juga pada isi data field dari table yang satunya lagi. Apabila isinya berbeda, maka akan muncul pesan error.
- Apabila nanti anda ingin merubah hubungan RELATIONSHIPS dari table table tersebut, caranya hanya dengan klik kanan pada garis hitam yang menghubungkan antar field tadi lalu pilih EDIT RELATIONSHIPS. Dan jika anda ingin menghapusnya pilihlah DELETE.