Wednesday, September 12, 2012

Tutorial Ms. Acces 2007 II

Microsoft Access 2007
Bagian 2 : Memodifikasi TABLE


Sekarang kita akan membahas tentang memodifikasi dan mengolah table-table yang telah dibuat tapi sebelumnya pilihlah VIEW => DATASHEETVIEW.

  • MENGATUR TINGGI BARIS DATA : Klik kanan pada bagian paling kiri dari data sampai muncul tanda panah lalu pilih ROW HEIGHT. Lalu masukan jumlah tinggi yang diinginkan.
  • MENAMBAH DATA BARU : Klik kanan pada bagian paling kiri dari data sampai muncul tanda panah lalu pilih NEW RECORD. Atau anda juga bisa langsung menuliskan data yang baru pada bagian yang masih kosong yang terletak pada bagian terbawah dari data yang ada.
  • MENGHAPUS DATA : Klik kanan pada bagian paling kiri dari data sampai muncul tanda panah lalu pilih DELETE RECORD. 
Untuk COPY, CUT, atau PASTE dapat dilakukan dengan menggunakan cara diatas.
  • MENGURUTKAN DATA (SORT) : Tekan tanda panah kebawah yang ada pada bagian judul dari salah satu kolom lalu pilihlah apakah anda akan mengurutkan data tersebut dari huruf teratas ke bawah / A-Z (ASCENDING) atau dari huruf terbawah ke atas / Z-A (DESCENDING).
  • MENAMPILKAN DATA TERTENTU (FILTER) : Tekan tanda panah kebawah yang ada pada bagian judul dari salah satu kolom lalu pilihlah data yang berisi apa saja yang ingin ditampilkan. Misalkan anda hanya ingin menampilkan data barang yang harganya 1.500, maka beri tanda checklist pada bagian 1.500 dan hilangkan tanda checklist pada bagian yang lainnya. Setelah menekan tombol OK maka data barang akan menampilkan barang barang yang harganya 1.500 saja. Bagi yang ingin menampilkan data secara lebih spesifik, silahkan gunakan TEXT FILTERS.
Selamat berlatih dan sampai jumpa pada Tutorial berikutnya. Salam